Laman

Jumat, 22 Februari 2013

Aneka Makanan Dan Minuman Asli Beijing

Kota Beijing merupakan kota yang penuh sejarah, juga kota yang kaya akan bangunan uniknya. Selain itu, kota Beijing juga surga bagi para pecinta kuliner. Berbagai macam kuliner khas tersedia di sini, bahkan ada kuliner ekstrim, yang pastinya membuat anda penasaran. Namun taukah anda, apa saja kuliner buatan masyarakat Beijing sendiri? Ada beberapa makanan dan minuman yang dibuat oleh tangan-tangan yang ahli di Beijing, diantaranya :

1. Manisan Buah-buahan (guo pu)



Manisan buah-buahan di beijing terbuat dari buah segar, seperti apel, pear, peach, melon, semangka, bengkoang, pepaya, dan lain-lain. Rasa manisan ini tentu saja manis dan sedikit agak asam. Manisan yang dibuat di sini tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi. Bahkan manisan dulunya sebagai hidangan untuk para Kaisar, permaisuri dan para selir. Manisan di sini dibuat bukan dengan sembarang oran, namun dengan tangan-tangan yang ahli, dengan resep turun temurun, sehingga kulitas cita rasanya tetap terjaga hingga sekarang. Anda dapat menjumpai produk manisan ini di supermarket atau gerai-gerai manisan di Beijing.

2. Tuckahoe Pie (fu ling jia bing)



Tuckahoe Pie merupakan makanan yang sudah melegenda di Cina, bahkan pada masa Dinasti Qing, makanan ini sudah ada. Makanan ini terbuat dari sejenis pati, dengan bentuk bulat tipis, dan berwarna putih. Di dalamnya terdapat isi dari gula atau madu. Dulunya makanan ini sangat digemari oleh permaisuri dari Dinasti Qing dan anak-anak karena rasanya yang manis. Kini makanan ini telah tersebar ke seluruh pelosok Cina. Anda dapat menemukannya di supermarket atau warung-warung di sekitar kota.

3. Beijing Crisp Candy (Bei Jing su Tang)



Beijing Crisp Candy merupakan permen yang sangat digemari di Beijing. Terbuat dari gula kualitas tinggi, dicampur dengan susu dan biji wijen, sehingga rasanya renyah dan baunya harum. Permen ini merupakan salah satu permen terbaik di Beijing. Banyak anak-anak yang menggemari permen ini. Permen ini juga tersedia dalam berbagai bentuk dan variasi. Permen ini juga telah menjadi salah satu ikon di Cina. Anda dapat menjumpainya di supermarket, gerai permen, atau warung-warung sekitar kota.

4. Lienhua Paichiew (Lotus Liquor)






Lienhua Paichiew merupakan minuman dari fermentasi anggur terbaik yang ada di Beijing. Pembuat minuman ini bukanlah sembarang orang, hanya orang-orang tertentu saja dari kalangan pengusaha yang membuat anggur terbaik ini. Resepnya telah turun-temurun dari generasi ke generasi. Minuman ini mengandung kadar alkohol dibawah 40 persen. Bahkan minuman ini juga digemari oleh para Kaisar pada masa Dinasti Qing. Rasa dari minuman ini seperti wine, dengan bau harum yang khas, dan sedikit rasa manis. Minuman ini dijual hanya di tempat pembuatannya saja, dengan harga yang mahal per botolnya.

5. Lv Da Gun (lu da gun)




Lv Da Gun merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras atau tepung kacang, dengan bentuk menyerupai kue mochi. Adonannya terdiri dari tepung beras/kacang, ditambah denagn gula, dan digulung, lalu di dalamnya diisi dengan kacang yang ditumbuk dan diberi gula. Makanan ini juga telah mendunia, bahkan di Indonesia juga banyak terdapat penjual yang menjual makanan ini.

Jika anda tertarik, anda dapat membeli makanan-makanan tersebut di supermarket maupun toko terdekat yang ada di kota Beijing, atau jika anda sedang berjalan-jalan di Wangfujing Street, disana terdapat banyak sekali penjual makanan di atas. Anda juga dapat berkeliling di kota Beijing mengunjungi tempat-tempat unik, kuliner, dan berbelanja. Jika anda ingin menginap, tersedia pula hotel/penginapan yang ada dekat dengan tempat-tempat wisata di Beijing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar